kemana arah kepercayaanmu

takutmu kepada Tuhan memang sudah tertanam dibawah alam sadar. alam bawah sadar yang telat kau bangunkan, lalu menjadi sebuah rasa bersalah, misalnya subuh yang terlewatkan seperti tadi, seperti biasanya.

kau benar-benar takut. pikiran, juga hatimu menjadi tidak karuan, sepanjang jalan kau meminta kasih sayang. kau menjadi yakin kalau hal-hal yang kecil sekalipun diluar kuasamu. ini menakutkan, apalagi bagi orang dengan mental yang porak-poranda, satu-satunya kepercayaan adalah percaya pada kekuasaan Tuhan. sesuatu yang sebenarnya, yang seharusnya.

dan, Tuhan mencoba itu, menggoda rasa tak karuanmu. disaat kau menjalaninya satupersatu, secara perlahan, dan berubah-ubah (mungkin diluar kuasa, juga rencananmu), diakhir yang terlewati dengan baik itu, kau sadar bahwa kuncinya adalah pada sikap pasrah dan sabar. lalu kau bersyukur, tersenyum seharian, ilmu yang memang jarang kau pelajari, pengetahuan yang sering kau pendam didalam lupa.

tiba-tiba kau merasa Tuhan begitu dekat. dengan kemudahanmu, dengan keberanian, dan dengan semua hal baik lain yang menghinggapi. kau mencoba lebih mendekat, sehingga seperti ada sesuatu yang menjalar di urat lehermu, mengalirkan ke bawah dan ke atas, ke hati – ke pikiranmu. kau mengikuti ilham itu, menuju kesana, dimana akhirnya kau kembali takjub dengan apa-apa yang (terus) kau dapati.

orang kufur, orang yang petantang-petenteng, orang yang menyalahkan takdirnya – yang telah tertulis dengan baik sekaligus buruk. maka aku ingin katakan bahwa hidupmu persis seperti itu, sesuai hati dan pikiranmu. Yang Maha Kuasa hanya akan menghadirkan kebahagian dalam kesyukuranmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s