#akber2anniv

Barusan ngecek tiket rencananya mau ikut kelas #Akber2Anniv dan ternyata harganya bikin hening sesaat! Hahahaha.. Gak berasa Akademi Berbagi  udah jalan dua tahun, akbermedan sudah setahun lebih. Aku coba membuat resume perjalan kegiatan menyenangkan ini di Medan..

Dulu, sekali waktu, kebetulan lagi ada di acara di Jakarta dan menyambar twitnya mbak Ai untuk daftar mau ikut kelas, setelah daftar ternyata jadwalnya bersamaan dengan satu kegiatan yang harus aku ikuti sebagai tamu yang di undang ke ibukota, dengan berat hati mention ke mbak Ai lagi untuk cancel karna aku berhalangan hadir dan slotnya bisa di isi sama yang lain.

Lalu di suatu pagi, kira2 pukul 9an gitu pas baru bangun ngecek timeline dan mbak Ai ngetwit kira2 isinya begini ‘ayo silahkan siapa yang mau buat akber di kotanya..’, tanpa berpikir panjang, langsung dong aku mention menyatakan bersedia menjadi relawan untuk di Medan. Itu berbarengan sama @iphankdewe AkberAmbon juga kalo gak salah. Lalu aku coba kirim data diri melalui email..

Mbak Ai bersama detikcom ada buat event di Medan, aku bantuin nyariin peserta untuk acara tersebut. Setelah email2an akhirnya kontak by phone terjadi kejutan terjadi; peserta membludak, dan aku harus membatalkan separuh yang sudah mendaftar, sekitar 100 orang. Terima telponnya lagi berteduh dari hujan di depan Fakultas Kedokteran USU, menjelang magrib sambil makan siomai. Hahaha aku masih ingat..

Besoknya aku nyusulin mbar Ai ke Tip Top (yang legendaris itu) yang baru mendarat di Medan bersama timnya detikcom. Malamnya ketemu dan ngobrol panjang di Ucok Duren lalu nyambuk di Arya Duta bareng @_uje, malam itu juga baru kenalan sama Uje yang kebetulan lagi pulang kampung. Selang beberapa hari setelah itu tanggal 27 maret 2011 AkberMedan melaksanakan kelas pertama yang di isi oleh Jefri Dimono aka Uje, meminjam tempat di Speedy Learning Center Jl. Mangonsidi dihadiri 32 peserta yang berasal dari banyak komunitas di Medan. Selain @_uje juga ada @sipoerba yang sharing di hari itu, jadi kelas perdananya di isi oleh dua guru, awal yang oke! Setelah kelas berakhir dengan penuh kecerian, bareng temen2 kita lanjut kongkow di Surabi Bandung belakang Hotel Pardede, pasukannya kalo gak salah ada @be_Rando @kangsoegi @azirianto @nendooot @windisiregar @ezzyaugusta @fellaui @sipoerba.

Kelas kedua bertempat di Rumah Buku daerah Padang Bulan. Tempatnya unik sekali, dipenuhi buku. Di bantu @azirianto dan @bayoeasmara ngeset tempatnya agar ada space peserta diantara buku-buku itu, bolak balik nyari pinjaman tikar, cok sambung, dan proyektor. Kelas di mulai pukul 5 sore di hari sabtu yang sendu, di isi oleh pewakilan @medanlinux yang membawakan materi tentang teknologi Open Source, lalu ada @bangbayoe yang sharing tentang Fotografi, dan @masdagu yang berbagi tentang Desain Grafis. Kelasnya rame dan karena keterbatasan tempat sampai ada yang berdiri.. Setelah kelas selesai yang jomblo kembali teringat kalau itu adalah malam minggu, hahaha..

Kelas ketiga berjalan hasil ‘nanduk’ mas Shafiq Pontoh yang datang ke Medan ngisi acaranya Indonesia Kreatif. Kebetulan aku di undang di acara itu, lalu ngetwit dan twitku di samber mbak Ai dikenalkan kalo di Medan ada akber juga. Setelah berkenalan dan ngobrol2 dengan mas Shafiq beliau bersedia untuk ngisi ‘kelas dadakan’, jadi siang itu langsung mengabarkan ke khalayak (aih bahasanya) via twitter kalo ntar sore setelah seluruh acara Indonesia Kreatif kelar bakal ada kelas AkberMedan di Medan Club. Mas @shafiqpontoh sharing tentang ‘Strategic Planning’ buat komunitas, kebetulan yang hadir juga banyak dari perwakilan komunitas jadi temanya pas banget, kelasnya mengalir dengan sesi tanya jawab yang sangat seru. Terima kasih mas Shafiq dan Indonesia Kreatif yang telah baik banget memfasilitasi AkberMedan..

Kelas berikutnya tentang Web Design yang dibawakan oleh Dani Gunawan, dan kelas sabtu siang itu berhasil meminjam tempat di Briton Internasional daerah Dr.Mansyur. Kelasnya berjalan santai sambil nyicipin cake dan bolu meranti, kebetulan lagi ada kelebihan rezeki di hari itu.. Materi kelasnya bisa di dapat di sini..

Kelas ke empat dilaksanakan pada bulan Ramadhan tahun lalu di Keude Kupie daerah Setiabudi. Kelasnya berjalan sambil menunggu berbuka, kembali di isi oleh @_uje yang dengan ciamik sharing tentang Digital Media. Yang datang banyak teman2 komunitas, ada rombongan Blogger Sumut, anak-anak Medan Linux, komunitas Kampung Programer dan kawan2 FiksiMiniMedan, kelas berjalan dengan pembahasan yang seru sampai berbuka lalu diteruskan lagi setelah berbuka karena masih banyak yang bertanya. Pada kelas ini sempat terjadi insiden, ada gas yang meledak di dapur keude kupie, tidak jauh dari tempat pembicara dan peserta, seorang karyawan keude kupie mengalami luka bakar pada wajah dan tangan, kelas sempat berhenti sejenak.. Materi kelas ini juga di selingi openmic oleh @rchmadi, awal2 yang menjadi cikal bakal berjalannya kegiatan Standup Comedy di Medan.

Kelas berikutnya di isi oleh seorang professor dari University of California, Amerika Serikat. Seseorang di Kedubes US menghubungi aku dan menawarkan untuk dibuat kelas yang di isi oleh Professor Shirley Lim yang kebetulan akan berada di Medan untuk beberapa waktu. Setelah membaca profil, materi, dan berdiskusi dengan teman-teman dengan antusias kami menyambut tawaran tersebut. Untuk tempat di bantu pihak Kedubes Amerika, mereka mengarahkan ke American Corner Universitas Sumatera Utara. Professor Lim membawakan materi tentang American & World Cultures, kelas ini berhasil menghadirkan 54 peserta yang sampai saat ini menjadi kelas terbanyak pesertanya..

Kelas berikutnya giliran @fikryfatullah yang berbagi ilmu tentang ‘Strategi Konten untuk Blog’. Salah satu kelas yang cukup oke menurut saya pribadi. Materi dan penyampaian yang mudah di pahami, dan sesi tanya jawab yang sangat menarik. Kelas santai tersebut dilaksanakan di Caffe Frutta daerah Tasbi 2 Ringroad, awalnya gak sengaja nongkrong disana dan karena yang punya cakep jadi basa-basi gitu mau minjem tempatnya untuk ngadain kelas dan jreng jreeen gaung bersambut, hahaha.. Materi dan review kelas ini bisa dilihat disini..

Kelas berikutnya di isi oleh mas Widi Asmoro dari Nokia Musik, kebetulan beliau ada event di Medan. Bertempat di Penang Corner Resto, mas Widi sharing tentang ‘Musik Untuk Semua’ dengan sangat menarik, bercerita banyak tentang industri dan teknologinya. Di kelas ini juga di bagiin banyak hadiah untuk peserta yang hadir, dan pada akhirnya para peserta juga di traktir makan minum.. Mas Widi baik banget, peserta dapet ilmu, dapet hadiah souvenir yang nanggung seperti headset wireless, terus peserta juga di traktir di kenyangin dengan menu-menu enak Penang Corner, benar-benar berbagi yang bikin happy! Mas Widi juga nulis review kelasnnya disini..  Terima kasih mas Widi dan Nokia Musik.

Kelas berikutnya lahir atas keprihatinan akan Local Heritage di Medan. Saat itu media lokal gencar memberitakan sebuah bangunan bersejarah yang perlahan sedang di hancurkan dan akan segera berpindah tangan ke pihak lain/swasta, saat itu beberapa kelompok masyarakat di Medan juga melakukan aksi isu tersebut. Kami tertarik dan merasa perlu untuk tahu tentang sejarah, khususnya tempat dimana kami tinggal, di fasilitasi pak Edy Ikhsan Pusaka Indonesia aku dikenalkan dengan bang Erond Damanik dosen Antropologi sekaligus peneliti di PUSSIS Universitas Negeri Medan (Unimed). Singkat cerita bang Erond bersedia sharing tentang Sejarah dan Heritage Medan, kelas tersebut berjalan penuh dengan hal-hal dan informasi baru bagi kami (para peserta) padahal ada yang dari lahir telah menghirup udara Medan. Kelasnya lumayan ramai sekitar 30an, pesertanya banyak mahasiswa – blogger – fotografer juga beberapa pengunjung Penang Corner yang ikut bergabung mendengarkan materi presentasi bang Erond. Ini kelas yang benar-benar membuka wawasan, kita belajar dan mengetahui tentang sejarah yang menjadi bagian penting dari perjalanan sebuah kota/negara. Sehabis kelas tersebut peserta yang hadir terpacu untuk ikut menjaga dan melestarikan Local Heritage khususnya yang ada di Medan, teman-teman blogger melakukan kegiatan menulis, teman-teman fotografer mengabadikan nilai-nilai sejarah itu dengan kamera mereka, setelah kelas ini kalau tidak salah juga ada aksi bersama yang kabarnya cukup keren yang dilakukan kawan-kawan untuk mempertahankan salahsatu Haritage di medan, Aksi Save Rumah Sakit Tembakau Deli.

Kelas berikutnya AkberMedan kedatangan guru dari Jakarta, mbak @theitasembiring, bertempat di Penang Corner beliau ‘ngajarin’ materi Creative Writing. Pesertanya lumayan ramai walaupun cuaca saat itu mendung dan hujan. Selain peserta aja juga pengunjung Penang Corner yang akhirnya mengikuti materi mbak Ita sampai selesai, bertanya, dan sama seperti beberapa teman-teman yang beruntung dapat bukunya mbak Ita yang ceritanya bersetting di daerah Sumatera Utara, yang alur ceritanya juga sangat dekat dengan masyarakat disini, judul novelnya 2 Impal. Oiya, teman-teman dari komunitas nulis buku Medan juga pada datang ke kelas ini, diskusi setelah materi juga seru banget, dan setelah acara tambahan (foto bareng dan tanda tangan) semua peserta di traktir mbak Ita, hahaaa.. Jadi peserta yang hadir selain dapat ilmu dan pengalaman dari penulis yang telah menerbitkan 13 buku,  juga dapat hadiah buku, terus di traktir lagi, enak banget ya? hihihi makanya ikutan kelas AkberMedan karena gurunya baik2 banget nih.. Makasih mbak Ita Sembiring, sering2 ya ke medan🙂

Terus ada @citraovani yang kebetulan lagi pulang ke Medan dan di ‘tanduk’ untuk sharing di AkberMedan. Citra, begitu teman yg baik – pinter dan cakep ini biasa di panggil bekerja sebagai HRD di sebuah perusaah rekruimen di Jakarta. Jadi setelah diskusi dan (sesuai permintaan) memastikan tidak ada peserta yang terlalu ganteng yang datang (yang akan membuat gugup ibu guru) akhirnya Citra bersedia, lalu kita cocokin waktu dan kelas ‘Beat the Recruitment Process’ pun di gelar. Kelasnya berjalan santai dan penuh ketenangan, peserta yang rata2 laki-laki – mahasiswa – fresh graduate terlihat serius memperhatikan Citra! Hahaha, juga materinya.. Citra sharing dan buka-bukaan bagaimana sebuah proses rekruitmen dilakukan oleh perusahaan, serta berbagi kiat-kiat sukses dalam mengikuti proses-proses tersebut. Sesi tanya jawab juga seru dan bermutu banget, luar biasa deh pokoknya si Citra ini.. Oiya, ini adalah kelas terakhir AkberMedan dibantu oleh @bagusbaron, dia akhirnya deal untuk selanjutnya mengabdi ke transtv.

Dan kalau ada kelas yang benar-benar merasakan berbagi bikin happy adalah kelas yang baru aja dilaksanakan. Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, AkberMedan bareng teman2 nongkrong relawan ngadain kelas menggambar, juga kelas bercocok tanam (dibantu teman2 dari @mdnberkebun), kita juga mengumpulkan donasi berupa uang, buku tulis – buku gambar – buku pelajaran – komik – novel, alat tulis – alat gambar, pakaian yang masih layak, dan kita berbuka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan Putra Muhammadiyah daerah Medan Denai. Ini kelas yang luar biasa menyentuh, mulai dari menginjakkan kaki di panti asuhan tersebut, melihat fasilitas hidup adik2 disana, kita menemui banyak ketegaran terlihat dari mata dan senyumnya. Di panti tersebut ada bagian bangunan yang sepertinya habis terbakar, dindingnya di corat-coret, banyak tulisan2 yang jleb ketika kita membacanya. Semoga setelah kelas menggambar itu mereka akan mencorat-coret dan menggambar dinding2 itu dengan lebih keren lagi, menerapkan ilmu menggambar dan teknik pewarnaan yang diajarin oleh Kiki Nasution anak muda Lulusan Seni Rupa IKJ.  Semoga juga lahan-lahan kosong akibat kebakaran disana bisa mereka manfaatkan untuk menenam, setelah kelas selesai kabarnya teman-teman @mdnberkebun sudah mengantongi ide dan rencana apa yang bakal mereka bantu agar Panti Asuhan itu ‘Go Green’. Kegiatan kemarin di liput di DAAI TV, sejak dua kelas sebelumnya aku dihubungi mereka ingin meliput kelas AkberMedan, beberapa teman-teman sebenarnya agak risih tetapi akhirnya mengizinkan untuk diliput, aku belum liat hasil liputannya kemarin ketiduran pas liputannya di tayangin. Kemarin juga ada live interview di Radio Delta FM Medan, terima kasih banyak kawan-kawan juga para dermawan, kalian baik sekali.. Kemarin juga ada relawan yang namanya Mitra, dia menghibur dengan kemampuan sulapnya, senyum adik2 itu manis sekali.. Dokumentasinya masih di kamera teman, ntar rencananya mau di upload juga ke dropbox Akademi Berbagi..

Terima kasih kepada relawan AkberMedan @azirianto @windisiregar @bayoeasmara @ciewedok @bagusbaron @hafiz_ritonga @danny_kusuma @airynpya @wahyudidjunaidi dan semua kawan2 yang udah ngebantuin sehingga kelas2 diatas dapat terlaksana, terimakasih juga kepada para guru dan pihak2 yang telah meminjamkan tempatnya, terima kasih terima kasih terima kasiiih ya!🙂

Selamat ulangtahun kedua Akademi Berbagi, Berbagi Bikin Happy!

Kopi Ong, 120812  11.40pm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s