Mudah Saja

Seseorang, sebut saja Danny Kusuma bernyanyi Mudah Saja, mungkin jauh sebelum Sheila On 7 menciptakan lagu pilu tersebut ada kisah seperti ini.

aku ingat hari itu, pertengkaran kesekian kalinya setelah kita memutuskan untuk bersama. mendung turun menjelang sore. handphoneku berdering, aku gugup, jantungku berdegub kencang, namamu ada disitu. apakah kau tau? saat itu sebenarnya yang ingin kukatakan ‘hai! kemana aja? kok, baru nelpon?’ tetapi, justru yang ku tanya ‘hai! kenapa?’.

andai kau tau, aku hanya berharap satu kata tanya ‘kenapa’ bisa membuatmu bercerita banyak tentang banyak hal daripada sekedar kata ‘hai, sayang’ diawal percakapan kita hari itu. dugaanku keliru, tak ada percakapan seru hari itu. menurutku, kadang kalimat tanya dibutuhkan untuk memberi ruang bagi kita membuat pembicaraan menjadi lebih panjang. menurutmu, tidak setiap pertanyaan harus di jawab.

malam itu, setelah sekian lama, aku putuskan untuk bertemu denganmu. di tempat kesukaanmu, duduk dikursi pojok, dua orange jus telah kau habiskan. ‘apa kabarmu?’ kau memulai percakapan itu tanpa memandangku, aku lalu duduk disampingmu. ‘baik’ aku menjawab singkat, untuk meminta maaf karena terlambat dari waktu yang dijanjikan pun tak bisa keluar dari mulutku. kau tersenyum, ‘semakin kurus’ sambungmu, aku hanya balas tersenyum. ‘dan, masih tak bisa berbasa-basi..’ lanjutmu lagi.

‘mengapa begitu lama tidak menghubungiku?’ tanyamu, aku tidak menjawab. ‘mengapa tiba-tiba menghilang?’ kejarmu. ketika kau bertemu diam, kau pun berguman ‘tak ada yang bisa mengubahmu, bahkan aku tetap tak bisa menebakmu’.

sungguh malam yang berat untukku, membiarkanmu berlalu.

Kedekopikami. – Medan.

3 thoughts on “Mudah Saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s