Ulangtahun ke 3 AkberMedan!

Hari ini bangun kesiangan akibat tidur kepagian, dan seperti orang kebanyakan setelah bangun hal pertama di cari adalah handphone hahahaa, jadi hari ini di mulai dengan mendapati ucapan selamat ulang tahun ke 3 di group volunteer akbermedan!πŸ˜€

Udah lama nggak ngeblog, sebagai pengingat mari menulis tentang Akademi Berbagi Medan..

Pertama berhubungan dengan Akademi Berbagi adalah saat mendaftar salah satu kelasnya di Jakarta (lupa kelas apa) saat itu daftarnya masih mention ke akunnya mbak Ai kelas tersebut akhirnya tidak bisa aku ikuti karena ada acara tambahan dari pihak yang mengundang saya ke Jakarta, seat saya tersebut akhirnya diberikan ke orang lain setelah saya mention kembali mengabarkan saya tidak bisa hadir. Saya tetap menyimpan keinginan untuk belajar di kelas akademi berbagi, rasanya menarik sekali, saya terus mengikuti sampai akhirnya Medan juga menjalankan kegiatan menyenangkan ini..

Pertama ketemu mbak Ai di Tip Top daerah kesawan. Saat itu Mbak Ai bareng rombongan detikcom yang bakal ngadain event citizen journalism gitu, aku bantuin nyari pesertanya. Ada kejadian lucu, sehari sebelumnya mbak Ai via telpon minta pesertanya di kurangi separuh karena peserta membludak, pengalaman baru: mencancel peserta. Terus ketemu lagi di Ucok Durian, kenalan sama BDI dan Mas Andri yang selama ini namanya udah saya kenal, bareng Uje obrolan tentang Akademi Berbagi bareng mbak Ai berlanjut ke hotel Arya Duta tempat event detikcom akan dilaksanakan, setelah itu jadilah 27 Maret 2011 kelas pertama Akber Medan dijalankan dengan pemateri Uje dan Zulfahmi Purba.

Balik dari #LLD2014 kemarin kepala sekolah Akber Medan resmi berpindah ke Yudi. Yudi adalah relawan paling junior, hari ini dia lagi coba mengajak Viki Sianipar yang kebetulan lagi di Medan untuk ngisi kelas, bila berhasil akan menjadi perayaan ultah yang seru nih. Akber Medan mungkin tidak seperti kota lain yang berlimpahan relawan, masa-masa awal dulu di bantui sama Azi, Bayu, Uci, dan kak Windi. Azi kini beraktifitas di Jakarta, Uci masih menyempatkan diri bantuin desain publikasi kelas, kak Windi karena keterbatasan waktu saat ini sudah lama pensiun, nyaris tinggal Aku sama Bayu, jadi selama lebih 2 tahun kelas-kelas akbermedan dijalankan hanya 3 orang: Aku, Azi, dan Bayu. Sekarang dibantuin sama Yudi, Yofie, dan bang Danny, untuk tempat sangat terbantu oleh jaringan pertemanan. Medan ini unik, tentang konsep volunteer pemahaman juga kultur di Medan juga sedikit berbeda dengan daerah-daerah lain, kita sangat terbuka tetapi tetap prinsip dan nilai-nilai dari Akademi Berbagi harus dipenuhi. Kegiatan berkomunitas saat ini lagi keren-kerennya di Medan, pekerjaan saya saat ini juga banyak berhubungan dengan brand yang ingin masuk ke komunitas, dengan kultur yang unik ini juga memberi saya banyak pembelajaran (plus banyak sekali keseruan), apa-apa yang bisa jalan dengan di kota lain belum tentu bisa diadopsi keseluruhannya disini, ah saya tersesat bahagia di kota besar yang masih juga kekurangan daya listrik ini.. Cinta Medan pake bangets! Semoga tahun ini bisa buat event komunitas lagi seperti Medan Community Festival tahun lalu, kegiatan berkumpul bersama sekaligus membuat aksi yang berhasil menyelamatkan hutan kota dari rencana buruk Pemerintah Daerah rasanya menyenangkan sekali..

Dapat kesempatan dan kepercayaan mengelola kelas di Medan adalah salah satu moment terbaik dalam hidup saya. Ini beneran, tidak ada yang dilebih-lebihan. Bisa membangun komunikasi, berkenalan, dan menghadirkan banyak pemateri untuk sharing di akbermedan merupakan pembelajaran yang tidak ada di kampus manapun, tidak akan mudah bila bukan membawa nama akademi berbagi. Mulai dari pemateri lokal, skala nasional, juga skala internasional sudah banyak yang berbagi ilmu, menularkan semangat, dan pengalamannya di kelas-kelas Akber Medan. Saya bisa jumpa langsung dengan orang-orang hebat tersebut, banyak orang bisa belajar langsung dari mereka. Setiap kelas yang terlaksana selalu membawa energi yang luar biasa, saya juga bisa dengan sangat mudah merasa senang dan beruntung bila sedang barsama teman-teman relawan akbermedan. Bisa berkumpul dengan relawan akber seluruh Indonesia? Itu menakjubkan sekali, perasaan dan hal yang luar biasa!

Akademi Berbagi adalah ruang besar untuk belajar dan membangun jaringan. Banyak cerita menyenangkan para relawan tentang hal tersebut. Inilah hal sederhana untuk kita bisa mengembalikan apa-apa yang kita dapat – apa yang bisa kita lakukan kepada lebih banyak orang, sarana untuk sama-sama berkembang dan bermanfaat. Terima kasih Akademi Berbagi, Selamat Ulang Tahun ketiga Akber Medan!πŸ™‚

Volunteer Akademi Berbagi – Zaky.

 

 

Leave a Reply

